Featured Video

Jumat, 25 November 2011

Menko Polhukam: Pangkalan Militer AS di Darwin Tidak Terkait Papua



Jakarta - Menko Polhukam Djoko Suyanto menepis anggapan bahwa keberadaan pangkalan militer Amerika Serikat (AS) di Darwin, Australia punya dampak bagi Indonesia. Menurut Djoko keberadaan pangkalan militer AS di negeri kangguru tidak ada sangkut pautnya dengan Indonesia atau Papua.

"Pertemuan bilateral dengan Obama kemarin, juga mengatakan Papua secara eksplisit wilayah NKRI. Tidak ada intervensi Amerikan soal Papua atau Freeport," ujar Djoko saat rapat kerja dengan tim monitoring Papua dan Papua Barat di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (25/11/2011).

Menurut Djoko, keberadaan pangkalan militer AS di Darwin adalah kesepakatan kedua negara. Bahkan sudah lama militer AS berada di Australia.

"Militer AS di Darwin sudah lama ada. Australia itu sekutu dekat AS, pasti ada perjanjian bilateral keduanya. Tetapi tidak ada intervensi pada Papua," terang Djoko.

Sebelumnya ketua tim monitoring Papua dan Papua Barat Priyo Budi Santoso menanyakan keberadaan pangkalan militer AS di Darwin.

"Lalu soal pangkalan militer AS, apakah itu ada kaitannya dengan Papua?" tanya Priyo.

Dari pihak pemerintah hadir Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin, Kapolri Jenderal Timur Pradopo, Panglima TNI Agus Suhartono dan anggota DPR dan DPD dari Papua dan Papua Barat.

(her/ndr)detikNews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar