Featured Video

Kamis, 17 November 2011

PADANG RAIH SWASTI SABA WINERDA


Padang,Kota Padang meraih penghargaan Swasti Saba Wiwerda Kota Sehat 2011, untuk Tingkat Pe­mantapan.
Dengan meng­ikuti 4 tatanan yang terdiri dari, ka­wasan pe­mukiman sarana dan prasarana umum sehat,   ka­wasan pariwisata sehat,  keta­hanan pangan dan gizi serta  kehidupan masyarakat sehat  yang mandiri.

Penghargaan tersebut,  dise­rahkan oleh Menteri Kesehatan RI Endang Rahayu Sedyaningsih kepada Wakil Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah,  di Gedung Siwabesi Prof. Dr. Sujudi Kementrian Kesehatan RI Ja­karta, Senin malam (14/11).
Keikutsertaan Kota Padang dalam lomba Kota Sehat dia­wali tahun 2003, tahun perta­ma Kota Padang pada Lomba Kota Sehat tersebut mampu melaksanakan 3 tatanan dan meraih penghargaan Swasti Saba Padapa. Di tahun kedua keikutsertaan, di tahun 2005 Kota Padang melaksanakan 5 tata­nan dan meraih peng­hargaan dari pemerintah na­sional berupa Swasti Saba Padapa.
Dan, puncak prestasi Kota Sehat Tingkat Nasional dicapai 2 tahun kemudian tepatnya tahun 2007, Kota Padang mampu melaksanakan 7 tata­nan dan memperoleh peng­hargaan Swasti Saba Wistera.
Menurut Wakil Walikota Padang Mahyeldi Ansyarullah kepada Haluan Rabu (16/11), prestasi tingkat nasional yang diraih Kota Padang,  tidak terlepas dari dukungan seluruh masyarakat.
Tujuan dan sasaran Kota Sehat yaitu, menciptakan lingkungan yang sehat, bebas pencemaran, pemukiman yang teratur sesuai rencana dan tata ruang serta terwujudnya ma­syarakat yang saling tolong-menolong dengan pola hidup sehat.
Kemudian,  terciptanya prila­ku masyarakat yang pro­aktif untuk memelihara dan me­ningkatkan kondisi ma­syarakat dan mencegah an­caman timbul­nya berbagai penyakit masyarakat, serta terwujudnya pelayanan kese­hatan yang bermutu dari aparatur atau pelaku kesehatan terhadap masyarakat sesuai standar profesi dan etika pela­yanan.
"Swasti Saba merupakan,  modal awal bagi Kota Padang untuk meraih kembali Piala Adipura. Sejak terjadinya bencana gempa 2009, Kota Padang telah bangkit dan menata kembali pembangunan baik pembangunan fisik, pem­bangunan ekonomi dan pem­bangunan karakter generasi muda," katanya.
Ia juga mengatakan, peng­hargaan dari nasional ini akan tetap dipertahankan bahkan ditingkatkan. Dan, untuk mempertahankan penghargaan ini Pemko Padang akan mem­buat seluruh pasar di Kota Padang ini menjadi pasar sehat. Kemudian, tahun 2012 akan dilombakan tingkat kelurahan sehat.
Dengan berbagai kegiatan untuk mewujudkan kota sehat, diharapkan tahun 2013 nanti Kota Padang akan menda­patkan kembali penghargaan Swasti Saba Wistera.
"Semoga dengan peng­har­gaan kota sehat ini, dapat mewujudkan hidup sehat, prilaku sehat dan budaya sehat bagi warga Kota Padang," katanya.(h/ade/adv) Haluan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar