Featured Video

Sabtu, 05 November 2011

Banjir di Pasaman Barat-450 Rumah Terendam


Pasbar,
Banjir di Pasaman Barat terjadi di beberapa titik. Laporan terakhir menyebutkan, sekitar 450 unit rumah terendam di Jorong Pondok Maligi, Sasak Ranah Pasisie Pasaman Barat, sejak Kamis (3/11). 
Khusus di Jorong Maligi rumah warga terendam sejak tiga hari terakhir. Air sudah setinggi paha orang dewasa, atau hampir satu meter. Arus transportasi darat dan laut, putus.
Rombongan Wakil Bupati Pasbar Syahrul Dt. Marajo, Kepala BPBD Asgiarman dan pers yang menuju lokasi bencana, mendapat kabar, banjir masih belum susut.
Sebagian warga sudah mengungsi ke rumah sanak saudaranya yang tidak terkena banjir. Warga sudah resah dan was-was melihat kondisi yang semakin buruk, hujan terus mengguyur Pasbar. Kalau ini terus berlanjut, persediaan sembako warga bisa habis. Warga sudah tiga hari terakhir tidak melaut lagi karena gelombang semakin besar.
Informasi yang berhasil dihimpun Singgalang, jumlah rumah yang direndam air di Maligi belum didapat kepastiannya, tapi angka sementara sudah lebih 150 unit rumah. Daerah terendam terdapat di Dusun Padang Jaya, Suka Jadi, dan Pantai Indah.
Kepala Jorong Maligi Kecamatan Sasak Ranah Pasisie, Andustri ketika dikonfirmasi Singgalang, Jumat (4/11) membenarkan rumah warganya sudah direndam banjir sejak tiga hari terakhir.
Banjir yang paling parah terjadi di Dusun Pantai Indah, masyarakat sudah merasa cemas dan was-was melihat kondisi banjir yang tidak kunjung surut.
Penyebab banjir, akibat hujan deras mengguyur kampung mereka sejak beberapa hari terakhir dan mengakibatkan meluapnya sungai Batang Alin, dan Batang air Maligi. Sampai saat ini belum ada bantuan dari pemerintah daerah bagi warga yang rumahnya terendam banjir.
300 rumah di Jorong Pondok
Sementara itu Pj Walinagari Sasak, Roni Hendri Eka Putra dan Bamus Sasak, Dt. M Qadapi ketika dikonfirmasi Singgalang mengatakan di Jorong Pondok rumah yang sudah terendam air sekitar 300 buah, 100 unit sudah dikosongkan dan warga mengungsi.
“Saya sudah melaporkan peristiwa ini ke kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Pasbar, dan mereka siap untuk mebantun dan turun ke lapangan. Khusus di Jorong Pondok rumah direndam banjir sejak Jumat pagi kemarin,” kata Wali Nagari Sasak, Roni.
Didapat lapran Nagari Aie Gadang, juga dilada banjir sehingga membuat hubungan Ujung Gading - Padang tersendat. (212)(
(Singgalang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar