Featured Video

Jumat, 07 Oktober 2011

'I Speak For My Self'...Curahan Hati Empat Perempuan Muslim AS

'I Speak For My Self'...Curahan Hati Empat Perempuan Muslim AS
Empat perempuan Muslim Amerika Serikat
REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK - Kita perlu mengatakan lebih dari Islam adalah agama damai. Kita perlu mengatakan, sebagai Muslim,  kita selalu memisahkan diri dari kekerasan.


Ini adalah contoh dari sikap tercermin dalam buku I Speak for My Self, yang baru-baru ini diterbitkan di AS. Buku ini menceritakan kisah singkat 40 perempuan Muslim Amerika, semua di bawah usia 40 tahun, yang lahir dan dibesarkan di negara itu.

Kisah-kisah mereka menceritakan tentang agama, keluarga, nilai-nilai, tradisi, dan hubungan dengan non-Muslim dan sesama Muslim. Di sisi lain, mereka juga melakukan pencarian untuk identitas mereka sendiri, sebagai perempuan Muslim di Benua Amerika.

Disusun dan diedit oleh Maria Ebrahimji dan Zahra Suratwala, buku ini berisi narasi penutur pertama perempuan yang "menegosiasikan dikotomi nilai-nilai Islam dan Barat sejak lahir."

Empat dari wanita-wanita berkumpul minggu lalu di Georgetown University untuk berbicara tentang pengalaman mereka. Diselenggarakan oleh Alwaleed bin-Talal Center for Muslim-Christian Understanding, Yusra Tekbali, Saliqa Khan, Asma Uddim, dan Hadia Mubarak, bercerita tentang diri mereka. 

Mereka sepakat bahwa definisi mereka menjadi seorang Muslim telah berubah sejak musim semi politik di Arab, pandangan kaum muda Arab telah berubah setelah revolusi itu. "Kini lebih mudah untuk menjadi Muslim Amerika," kata Tekbali. "Cara kami dijelaskan oleh media, dan ini memiliki efek langsung pada kehidupan kita, yang untungnya, mulai berubah."

Dia menekankan pentingnya para wanita Muslim untuk "menemukan suara mereka". "Semakin banyak kita, sebagai perempuan Muslim, berbicara, semakin baik yang akan terjadi pada kita semua," katanya.

Para wanita setuju bahwa penting untuk mengetahui agama mereka dan untuk memahami perbedaan antara budaya dan agama. "Ketika saya tumbuh, saya selalu meminta orang tua saya membedakan, Apakah ini karena budaya atau karena Islam," kata Hadia Mubarak.

"Saya belajar pada usia yang sangat muda bahwa sebagai Muslim Amerika, terutama sebagai seorang Muslimah Amerika, kita harus  membaca dan mengetahui hal-hal yang baik untuk diri kita sendiri. Kita harus tahu perbedaan Islam yang benar dan budaya."

Tekbali setuju. "Agama saya selalu tercemar dengan politik, dan dengan ini saya berarti Islam radikal. Terserah bagi Muslim untuk menemukan solusi untuk ini. Mereka perlu untuk berbicara menentang hal itu. Saya memahami bahwa itu adalah produk sampingan dari politik yang tidak adil dan hal-hal lain, tetapi mereka masih perlu berbicara."
Dalam buku ini, mereka juga menceritakan kegetiran akibat Tragedi 11 September. Beberapa Muslimah yang bekerja, kerap mendapatkan diskriminasi di tempat kerja. Namun, apapun yang terjadi, mereka pantang menyerah dan terus berbuat yang terbaik menurut mereka.
Tekbali mengatakan bahwa toleransi adalah kunci. "Cara terbaik adalah melalui dialog dan dengan tidak takut untuk mengatakan saya adalah seorang Muslim," katanya.
Bertanya apakah mereka punya pesan khusus, Tekbali mengatakan para perempuan harus memberdayakan diri mereka sendiri. "Tahu hak Anda dan terus berjuang untuk mereka. Jangan terjebak dalam gelembung dangkal: "Saya seorang wanita dan aku tidak harus melakukan ini, 'atau' saya harus menghabiskan waktu belanja saya daripada berjuang untuk hak-hak saya."
Redaktur: Siwi Tri Puji B
Sumber: Arab News

Tidak ada komentar:

Posting Komentar