Featured Video

Senin, 17 Oktober 2011

17 Unit Sepeda Motor Hangus-Tujuh Petak Kios Terbakar


Padang, Singgalang
Dua kebakaran kembali melanda Kota Padang Minggu, (16/10). Pertama terjadi di Jalan Purus I, Kecamatan Padang Barat sekitar pukul 15.00 WIB. Di By Pass Simpang KM 8, tepatnya di sebelah Swalayan One api menghanguskan tujuh petak kios dan toko sekitar pukul 18.30 WIB.
Dua kebakaran tersebut menelan kerugian ratusan juta rupiah. Penyebabnya diduga human eror (kesalahan manusia). Dinas pemadam kebakaran berupaya keras memadamkan api.
Di Purus, RT 01 RW 02 Kelurahan Purus, api menghanguskan satu rumah milik Emi, 60. Sebelumnya rumah tersebut sudah lama ditinggal. Api diketahui setelah membesar.
“Semula warga mengetahui api membubung tinggi,”sebut Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang, Budi Erwanto didampingi Kasi Ops, Basril, Minggu (16/10).
Tidak lama kemudian api dapat dijinakan. Ada tiga unit mobil pemadam dikerahkan ditambah 20 personil anggota. “Kita kerahkan tiga unit damkar,” ulasnya. Akibat kejadian tersebut satu unit sepeda motor jenis metik hangus, tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Kerugian mencapai Rp45 juta.
Di By Pass
Sementara kebakaran yang melanda tujuh petak toko, yakni milik Ani,40, toko jualan minuman. Berikut showroom motor tarikan milik Raizman, 24. Kemudian toko milik Buk De,50, jualan lontong, apotik dan counter handphone. Selain itu juga ada tempat vulkanisir ban dan rumah obat.
Akibat kebakaran tersebut, 17 unit sepeda motor terbakar di Shourum milik Raizman. Puluhan handphone hangus dilalap api.
Api diduga muncul dari dari salah satu toko yang merambat ke toko lainnya. Saat pertama diketahui, warga berupaya memadamkan dengan menyiram menggunakan peralatan seadanya. Api tak kunjung padam. Api baru bisa dipadamkan setelah mobil pemadam datang.
Sebanyak enam unit damkar dan 25 orang dikerahkan Dinas Pamadam Kebakaran. Sekitar satu jam kemudian api berhasil dijinakan. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Kerugian diperkirakan mencapai Rp500 juta lebih.
“Diduga human error, sekarang api sudah berhasil kita jinakan, kita mengerahkan enam unit damkar dan 25 orang personil. Kerugian diperkirakan Rp500 juta lebih,”sebut Basril.
Macet
Kebakaran tersebut otomatis menjadi tontonan pengendara yang melintas. Selama proses pemadaman sejumlah pengendara berhenti dan menonton sembari mengabadikan dengan kamera handphone. Kondisi itu membuat lalulintas di By Pass menjadi macet.
Petugas berupaya mengatur lalulintas agar proses pemadaman tidak terganggu. Karena selama pamadaman, mobil damkar keluar masuk sedikit terhalang pengendara. (408/401)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar