Featured Video

Senin, 17 Oktober 2011

Wakil Menteri Mencapai 19 Orang


Jakarta, Singgalang
Bak menunggu penyanyi top, yang tampil baru penyanyi penggembira. Entah kapan ia akan muncul di pentas, malam telah larut juga. Begitulah menunggu reshuffle kabinet. Hari demi hari, yang diumumkan baru para wakil menteri.
FAsli Jalal TERSINGKIR
Sampai Minggu (16/10), sudah 13 wakil menteri baru melengkapi enam yang ada sebelumnya. Semula diduga, Wakil Menteri Pendidikan Fasli Djalal akan tetap pada posisinya. Namun rupanya tidak. Fasli tercampak, masuk Musliar Kasim.
Memang dalam kurun waktu empat hari ini, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah menunjuk 13 wakil menteri baru. Sementara itu ada enam wakil menteri lama yang tidak mengalami penggeseran.
Juru Bicara Presiden, Julian Aldrin Pasha mengatakan, Presiden menilai posisi wakil menteri di beberapa kementerian me-mang dibutuhkan.
“Presiden memandang perlu posisi ini diisi orang yang punya kapabilitas dan profesionalitas,” kata Julian di Istana Presiden, Jakarta, Minggu (16/10)
Menurut Julian, keberadaan wakil menteri tidak akan tumpang tindih dengan tugas menteri. Tugas pokok, dan fungsi (Tupoksi) wakil menteri justru akan memaksimalkan kinerja kementerian terkait.
“Semua ada tupoksinya dan posisi-posisinya sudah ada sesuai peran dan tugasnya masing-masing,” kata Julian pada vivanews.
Tas robek
Ada yang menarik perhatian saat anggota Dewan Energi Nasional (DEN) Profesor Widjajono Partowidagdo menemui Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Minggu (16/10).
Widjajono yang ditunjuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjadi calon wakil menteri ESDM itu datang membawa sebuah tas yang robek.
Widjajono yang juga Guru Besar Institut Tekhnologi Bandung (ITB) hadir di Istana Negara Jakarta, Minggu (16/10) sekitar pukul 13.30 WIB dan selesai menghadap Presiden sekitar pukul 14.30 WIB. Widjajono menghadap Presiden dengan busana yang tidak terlalu mentereng, sebagaimana pejabat lain di negeri ini ketika menghadap Presiden.
Ia menggunakan baju batik merah motif warna-warni lengan panjang serta celana warna hitam, dipadukan sepatu coklat agak kehitaman yang terlihat berdebu tidak disemir. Ia juga menggunakan tas jinjing berwarna hitam dipadu warna coklat yang terlihat robek pada jahitan bagian atas.
Rambut Widjajono juga terlihat lebih lebat, agak panjang, dan dibiarkan terurai menjuntai hingga leher baju. “Habis shalat dzuhur tadi di masjid, saya ditelepon Pak Sudi (Mensesneg Sudi Silalhi),” katanya yang dilansir KCM.
Prediksi posisi menteri: Partai Demokrat dari 6 menteri jadi 3. PKS dari 4 menjadi 2. Golkar dari 3 jadi 2 sedangkan PPP dari 2 menjadi 1 menteri. PKB dari 2 jadi 1 menteri. Kursi-kursi kosong tadi diisi kaum profesional.(*)

Berikut daftar wakil menteri baru dan lama.
Wakil menteri yang baru terpilih
dan ikut fit and proper 13-16 Oktober
1. Wakil Menteri Pertanian; Rusman Hermawan.
2. Wakil Menteri Pendidikan Nasional Bidang Kebudayaan; Rindu Nurianti.
3. Wakil Menteri Pendidikan Nasional Bidang Pendidikan; Musliar Kasim.
4. Wakil Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi; Eko Prasodjo.
5. Wakil Menteri Keuangan; Mahendra Siregar (sebelumnya Wakil Menteri Perdagangan)
6. Wakil Menteri Perdagangan; Bayu Krisnamurthi (sebe lumnya Wakil Menteri Pertanian)
7. Wakil Menteri BUMN; Mahmuddin (sebelumnya Sekretaris Meneg BUMN)
8. Wakil Menteri Kesehatan; Ali Gufron
9. Wakil Menteri Luar Negeri; Wardana.
10. Wakil Menteri Pariwisata; Sapta Nirwandar
11. Wakil Menteri ESDM; Widjajono Partowidagdo
12. Wakil Menteri Agama; Nasaruddin Umar
13. Wakil Menteri Hukum dan HAM; Denny Indrayana
Wakil Menteri yang lama:
1. Wakil Menteri Pertahanan; Sjafrie Sjamsoeddin
2. Wakil Menteri Perindustrian; Alex Retraubun
3. Wakil Menteri Perhubungan; Bambang Susantono
4. Wakil Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional; Lukita Dinarsyah Tuwo
5. Wakil Menteri Keuangan; Anny Ratnawati
6. Wakil Menteri Pekerjaan Umum; Hermanto Dardak. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar