Featured Video

Sabtu, 22 September 2012

SUMBAR CANANGKAN TUAN RUMAH PON 2024

IKMR LEPAS KONTINGEN SUMBAR

 Ambisi besar diusung Sumbar dengan mencanangkan penca­lonan sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024. Berbagai usaha telah dipersiapkan Pemerintah Provinsi Sumbar untuk me­wujudkan itu.

“PON merupakan ajang strategis. Bukan hanya untuk olahraga, namun memiliki pengaruh besar pada sektor lain, seperti pembangunan, ekonomi dan lainnya. Untuk itu, Sumbar harus berani mengambil kesempatan sebagai tuan rumah PON,” ujar Wakil Gubernur Sumbar, H Muslim Kasim saat acara pelepasan kontingen Sumbar yang dilakukan Ikatan Ke­luarga Minang Riau (IKMR) di Gedung Haluan Riau, Jumat (21/9) di Pekanbaru.
Wagub mengatakan secara lisan pihaknya sudah ber­komunikasi dengan Gubernur Sumbar, H Irwan Prayitno untuk mewujudkan hal itu. Wacana tersebut, menurutnya, ternyata mendapat respon positif oleh gubernur.
Menurutnya, selesai PON XVIII 2012, pihaknya akan membentuk tim strategis untuk membicarakan wacana tersebut. Salah satunya adalah menghimpun semua pihak guna bersama-sama mewujudkan ‘mimpi besar’ tersebut.
Sebelum PON, menurut Mus­lim, ada iven nasional yang juga bisa menjadi perantara yaitu Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Su­matera. Porwil sendiri akan dilak­sanakan pada tahun 2015 di Bangka Belitung. Namun, Sumbar membidik Porwil setelah di Babel yaitu 2019 dan 2023.
Untuk Porwil 2015, Sumbar sebenarnya juga ikut dalam pen­calonan sebagai tuan rumah. Hanya saja, Sumbar harus merelakan tuan rumah kepada Babel yang belum pernah melaksanakan Porwil.
“Sebelum PON, sasaran anta­ranya adalah Porwil. Mudah-mudahan hal itu bisa terwujud,” tegasnya.
Dikatakannya, jika wacana tersebut didukung masyarakat Sumbar, pihaknya akan membuat grand desain atau skenario besar­nya. Semua infrastruktur mesti segera digenjot pembangunannya untuk mendukung PON tersebut.
Ketua Ikatan Keluarga Minang Riau, H Basrizal Koto mengatakan wacana Sumbar menjadi tuan rumah PON mesti didukung. Hal tersebut akan berdampak kepada pem­bangunan di Sumbar. Dia berharap wacana tersebut mendapat du­kungan dari masyarakat.
“Semua lapisan di Sumbar mesti mendukung. Saya secara pribadi akan memberikan dukungan penuh. Kapan lagi Sumbar menjadi tuan rumah iven sebesar PON. Kalau tidak bernyali, maka hal itu tidak akan terwujud,” ujarnya.
Dilepas
Jika sebelumnya kontingen Sumbar disambut saat datang ke Pekanbaru, Jumat (21/9) kemarin Ikatan Keluarga Minang Riau melakukan jamuan khusus saat pelepasan kontingen ‘urang awak’ kembali ke Kota Padang.
Jamuan khusus setelah salat Jumat itu merupakan bentuk kepedulian IKMR terhadap kon­tingen Sumbar yang bertanding di arena Pekan Olahraga Nasional XVIII 2012 Riau. Bahkan kontingen Sumbar telah membanggakan perantau di Riau karena mampu memenuhi target 12 emas dan bercokol di posisi ke-11 nasional.
“Mereka datang kita sambut dan saat pulang jelas akan dilepas. Jamuan khusus ini adalah bentuk apresiasi kami terhadap keber­hasilan atlet Sumbar,” ujar Ketua IKMR H Basrizal Koto saat mem­berikan sambutan kemarin.
Basko menyebutkan keber­hasilan kontingen Sumbar men­capai target dan bercokol di posisi 11 perolehan medali sangat mem­banggakan perantau Minang di Riau. Bahkan pertandingan-pertan­dingan yang populer seperti futsal, pencak silat, renang dan lainnya mampu dimenangi atlet Sumbar.
“Kami bangga dengan atlet Sumbar yang sudah mengharumkan nama Ranah Minang di Riau ini. Mereka pantas diberi apresiasi khusus,” katanya.
Soal pemberian bonus, Basko akan mempelopori pengumpulan dana dari perantau-perantau suk­ses yang ada di Jakarta, Padang, Riau dan daerahnya. “Saya akan mem­pelopori pengumpulan bonus itu,” tegasnya.
Ketua Kontingen Sumbar, Syah­rial Bakhtiar mengaku sangat terharu dengan dukungan perantau Minang di Riau. Pihaknya bersama seluruh kontingen mengucapkan terima kasih terhadap dukungan yang terlah diberikan perantau.
“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan ini. Tanpa bantuan perantau, saya yakin atlet akan kurang termotivasi. Namun berkat dukungan luar biasa peran­tau di arena pertandingan, mereka termotivasi memberikan yang terbaik,” ujarnya.


sumber


Tidak ada komentar:

Posting Komentar