Featured Video

Sabtu, 27 April 2013

DRAGON BOAT DIGELAR LEBIH AWAL


Padang  International Dragon Boat yang ke XI tahun 2013 akan diadakan dari tanggal 6-9 Juni, lebih awal dibanding jadwal sebelumnya yang dilaksanakan setiap bulan Agustus.

Festival ini merupakan festival rutin dalam rangka  menyambut hari jadi Kota Padang yang ke-344 dan HUT Kemerdekaan RI yang ke-68. Festival Dragon Boat ini akan diikuti 11 negara sahabat. Namun sampai saat ini yang sudah konfirmasi  memastikan hadir ada sebanyak enam negara yang akan berkompetisi Festival Dragon Boat Padang. Negara tersebut adalah negara Australia, Inggris Kamboja, Philipina, Singapura dan Malaysia, kata Syafril Basyar, Sekda Kota Padang saat ditemui di Balai Kota, Jumat (26/4).
Pihaknya menyatakan, seperti biasanya festival dragon boat akan diadakan banjir kanal GOR H. Agus Salim Padang. Ada delapan aneka jenis perlombaan pada dragon boat nanti. Para peserta akan berkompetisi memperebutkan trophi bergilir Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Menteri Pemuda dan Olahraga, Kepala Staf Angkatan laut (KSAL) RI, Panglima Armada Wilayah Barat (Pangarmabar) RI, Gubernur Sumatera Barat dan Trophi Bergilir Walikota Padang.
“Selain Festival Dragon Boat, Kota Padang juga akan dimeriahkan oleh Tour De Singkarak, Padang Fair 2013, Festival Siti Nurbaya III dan Kejuaraan Tinju Wakil Presiden. Secara beriringan akan dilaksanakan pada bulan Juni ini” jelas Syafril.
Sementara itu, ditempat yang sama Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Padang, Dian Wijaya menyatakan, pelaksanaan Festival Dragon Boat di Kota Padang ini sudah yang kesebelas kalinya dari tahun 2002. Dampak pelaksanaan iven Dragon Boat sangat dirasakan dampak positif bagi warga Kota Padang.
Dia menambahkan, hanya ada dua dragon boat yang tergabung ada Dragon Boat Federation (DBF) yaitu Padang dan Makasar. Kini festival dragon Boat Padang telah mendunia sama halnya dengan Tour De Singkarak. Untuk memeriahkan, kita telah mengundang 13 provinsi, 16 kesatuan dan 9 kabupaten/ Kota di Provinsi Sumatera Barat. Untuk kelancaran festival dragon boat telah dianggarkan melalui dana APBD sebesar Rp750 juta dengan hadiah sebesar Rp.150 juta. Selain itu, juga dibantu oleh sponsor-sponsor lainnya.
“ Dengan adanya iven ini, tentunya akan memajukan pariwisata dan pertumbuhan ekonomi di Kota Padag. Selain itu, ditambah dengan meningkatnya investasi di Kota Padang, berkat iven Internasional yang diadakan” ungkap Dian

s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar