Telegraph/GETTY IMAGES
Michael Schumacher bersama mobil Mercedes F1
Sekalipun berhasil menjadi pembalap tercepat pada sesi uji coba hari kedua di sirkuit Jerez, Michael Schumacher masih mewaspadai kekuatan rival.
Ia belum menganggap dirinya unggul dari pembalap lain dan jadi juara di 2012 karena catatan waktu terbaik itu baru dicetak pada sesi uji coba. Dengan memakai mobil balap Mercedes lama, Schumi berhasil melewati kecepatan mobil pembalap Red Bull, Mark Webber di uji coba hari kedua dengan menorehkan waktu terbaik, satu menit, 18,561 detik.
Selisih Schumi dengan Webber yang memakai mobil baru RB8 hanya berjarak 0,6 detik. Mercedes dan tim HRT adalah dua tim yang masih menggunakan mobil balap 2011. Mereka memanfaatkan uji coba di Jerez ini lebih fokus mempelajari karakter ban balap terbaru Pirelli.
Mercedes baru meluncurkan mobil balap terbaru mereka, W03 pada tes musim dingin kedua yang akan digelar pada akhir Februari di Barcelona. Schumi yang kini berusia 43 tahun itu merasa ia harus bersikap realistis saat ditanya tentang peluangnya merebut gelar juara untuk yang kedelapan kali. "Saya tak merasa kita bisa secara realistis unggul dengan menggunakan mobil balap yang sudah dipakai di musim lalu," ujarnya.
Mercedes baru meluncurkan mobil balap terbaru mereka, W03 pada tes musim dingin kedua yang akan digelar pada akhir Februari di Barcelona. Schumi yang kini berusia 43 tahun itu merasa ia harus bersikap realistis saat ditanya tentang peluangnya merebut gelar juara untuk yang kedelapan kali. "Saya tak merasa kita bisa secara realistis unggul dengan menggunakan mobil balap yang sudah dipakai di musim lalu," ujarnya.
Schumi mengatakan timnya masih membangun jalan untuk mendapatkan mobil unggul. Tapi itu perlu langkah setahap demi setahap. "Kami bekerja lebih lama untuk menyiapkan mobil kami, tapi kami masih merahasiakan jalan untuk sukses saat ini. Suatu saat kita akan menyaksikan semua mobil balap," katanya.
Pembalap asal Jerman itu mengungkapkan tentang uji coba ban baru Pirelli. Pengalamannya mencoba ban itu dirasakan cukup membantu. Ia merasa struktur ban lebih inovatif namun sebagian besar masih terasa seperti ban Pirelli yang dipakai musim lalu. "Memahami ban-ban baru itu menjadi fokus utama kami dan kami program yang kami laksanakan berjalan dengan baik sejauh ini," katanya.
Ia yakin jalan yang ditempuh Mercedes menghadapi musim ini menuju jalur yang tepat. "Tentu saja, saya masih berada di jalur persaingan menuju juara. Apakah kita bisa atau tidak menjadi juara, itu perlu dibuktikan di tahun ini atau kapan pun," katanya.
Hasil Uji Coba Hari Kedua Jerez
No Pembalap Tim Waktu (+gap) Lap
1 M.Schumacher Mercedes 1m18.561s 132
2 Mark Webber Red Bull 1m19.184s + 0.623 97
3 Daniel Ricciardo Toro Rosso 1m19.587s + 1.026 100
4 Jules Bianchi Force India 1m20.221s + 1.660 46
5 Kimi Raikkonen Lotus 1m20.239s + 1.678 117
6 Paul di Resta Force India 1m20.272s + 1.711 69
7 Felipe Massa Ferrari 1m20.454s + 1.893 95
8 Jenson Button McLaren 1m20.688s + 2.127 85
9 Sergio Perez Sauber 1m20.711s + 2.150 68
10 Pastor Maldonado Williams 1m21.197s + 2.636 97
11 Heikki Kovalainen Caterham 1m21.518s + 2.957 139
12 Pedro de la Rosa HRT 1m22.128s + 3.567 64
No Pembalap Tim Waktu (+gap) Lap
1 M.Schumacher Mercedes 1m18.561s 132
2 Mark Webber Red Bull 1m19.184s + 0.623 97
3 Daniel Ricciardo Toro Rosso 1m19.587s + 1.026 100
4 Jules Bianchi Force India 1m20.221s + 1.660 46
5 Kimi Raikkonen Lotus 1m20.239s + 1.678 117
6 Paul di Resta Force India 1m20.272s + 1.711 69
7 Felipe Massa Ferrari 1m20.454s + 1.893 95
8 Jenson Button McLaren 1m20.688s + 2.127 85
9 Sergio Perez Sauber 1m20.711s + 2.150 68
10 Pastor Maldonado Williams 1m21.197s + 2.636 97
11 Heikki Kovalainen Caterham 1m21.518s + 2.957 139
12 Pedro de la Rosa HRT 1m22.128s + 3.567 64
Editor: Yudie Thirzano
Tidak ada komentar:
Posting Komentar