Honda memperkenalkan prototipe mobil listrik mikro yang disebut juga "Micro Commuter Prototype" - konsepnya dipamerkan di Tokyo Motor Show 2011 - sebagai angkutan jarak pendek dengan mengandalkan tenaga listrik. Menurut Honda, mobil ini dikembangkan berdasarkan kategori kendaraan mikro yang saat ini sedang dibahas oleh Kementerian Darat, Infrastruktur, Transportasi dan Turis jJepang. Di Eropda kendaraan dengan ukuran ini dikenal dengan kategori L7 atau sama dengan sepeda motor..
Honda mulai mendemostrasikan tes mobil ini di Jepang pada 2013 untuk memastikan penggunaan buatberbagai aktivitas jarak pendek, misalnya membawa anak ke sekolah, orang tua, untuk menghantarkan barang-barang dan sebagainya.
Dimensi: panjang 2,5 m, lebar 1,45 meter dan tinggi 1,25 m. Dibanding dengan versi konsep, tidak banyak berubah. Pilar A dan B masih sama, begitu pula dengan bonet. Perbedaan hanya padafender depan dan belakang, kini dilengkapi dengan penutup.
Kabin dirancang untuk memuat penumpang 1+2 (orang dewasa sebagai pengemudi dan 2 penumpang anak-anak) masih dipertahankan. Setir, sebelumnya model tongkat (joystick), kini kembali ke ujud bulat.
Panel instrumen dirancang berbentuk tablet, sekaligus berfungsi menayangkan gambar yang diambil oleh kamera belakang, navigasi dan audio. Baterai tablet bisa dicas dengan menggunakan sel surya yang dipasang di atap.
Sebagai penggerak digunakan motor listrik yang dipasang di roda belakang yang memperoleh energi dari baterai lithium-ion 15 kW. Kemampuan mobil mikro ini dikebut, maksimal 80 kpj. Sedangkan jarak baterai terisi penuh, 59 km.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar