Ilustrasi (Ist.)
Jakarta - Baru juga lima hari dibeli Google, layanan instant messaging populer -- Meebo -- malah dirundung penghentian produk besar-besaran. Hampir seluruh layanan Meebo akan dimatikan pada 11 Juli 2012 mendatang.
Kabar ini bukan sekadar isapan jempol, namun sudah dipastikan sendiri oleh Meebo dalam postingan di blog resminya.
Adapun layanan yang bakal ditutup adalah Meebo Messenger, Sharing on Meebo, Meebo Me, dan seluruh aplikasi mobile Meebo. Sementara yang disisakan tinggal Meebo Bar, social sharing toolbar yang kerap disisipi iklan bagi para penggunanya.
"Meebo bar tetap akan berjalan dan tersedia. Kami pun bakal melakukan pengembangan dan menghadirkan fitur baru dalam hitungan minggu atau bulan," tulis Meebo di blognya.
Tentu saja, nasib Meebo bisa terbilang 'mengejutkan'. Siapa sangka hanya dalam hitungan hari pasca aksi akuisisi oleh sang raksasa internet Google, layanan Meebo banyak dipangkas.
Padahal Google mencaplok Meebo dengan angka yang tidak sedikit, yakni mencapai USD 100 juta. Dan awalnya banyak yang memprediksi jika layanan instant messaging populer ini bakal diintegrasikan dengan jejaring sosial Google+.
Namun ternyata Google hanya terpikat dengan Meebo Bar. Ini adalah layanan yang menjadi andalan Meebo selain multi-platform chat.
Meebo Bar memungkinkan pemilik website membagi konten di situs jejaring sosial dan menyimpannya. Layanan ini juga memungkinkan pengguna memonetisasi trafik dengan menampilkan iklan di dalam toolbar. Seiring kian banyak yang menginstal Meebo Bar, Google bisa memanfaatkannya untuk mendorong penggunaan Google+.
Google diperkirakan akan mengintegrasikan layanan Meebo ke dalam penawaran social miliknya. Raksasa internet ini juga bisa menggunakan data dan analisa dengan memanfaatkan data dari user base Meebo dalam menentukan sasaran iklan.
Kabar ini bukan sekadar isapan jempol, namun sudah dipastikan sendiri oleh Meebo dalam postingan di blog resminya.
Adapun layanan yang bakal ditutup adalah Meebo Messenger, Sharing on Meebo, Meebo Me, dan seluruh aplikasi mobile Meebo. Sementara yang disisakan tinggal Meebo Bar, social sharing toolbar yang kerap disisipi iklan bagi para penggunanya.
"Meebo bar tetap akan berjalan dan tersedia. Kami pun bakal melakukan pengembangan dan menghadirkan fitur baru dalam hitungan minggu atau bulan," tulis Meebo di blognya.
Tentu saja, nasib Meebo bisa terbilang 'mengejutkan'. Siapa sangka hanya dalam hitungan hari pasca aksi akuisisi oleh sang raksasa internet Google, layanan Meebo banyak dipangkas.
Padahal Google mencaplok Meebo dengan angka yang tidak sedikit, yakni mencapai USD 100 juta. Dan awalnya banyak yang memprediksi jika layanan instant messaging populer ini bakal diintegrasikan dengan jejaring sosial Google+.
Namun ternyata Google hanya terpikat dengan Meebo Bar. Ini adalah layanan yang menjadi andalan Meebo selain multi-platform chat.
Meebo Bar memungkinkan pemilik website membagi konten di situs jejaring sosial dan menyimpannya. Layanan ini juga memungkinkan pengguna memonetisasi trafik dengan menampilkan iklan di dalam toolbar. Seiring kian banyak yang menginstal Meebo Bar, Google bisa memanfaatkannya untuk mendorong penggunaan Google+.
Google diperkirakan akan mengintegrasikan layanan Meebo ke dalam penawaran social miliknya. Raksasa internet ini juga bisa menggunakan data dan analisa dengan memanfaatkan data dari user base Meebo dalam menentukan sasaran iklan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar