Featured Video

Senin, 30 April 2012

Guardiola Tak Berminat Jadi Manajer Lagi


BBC Indonesia/Reuters
Guardiola mengatakan empat tahun sudah cukup untuk menjadi manajer Barcelona.


 Pep Guardiola yang akan mundur sebagai manajer Barcelona pada akhir musim pertandingan mengatakan untuk sementara ini tidak berminat menjadi pelatih lagi.


"Saya tidak ingin menjadi manajer pada saat ini," kata Guardiola yang banyak diisukan akan pindah ke Chelsea.

Mantan pemain tengah berusia 41 tahun ini diangkat menjadi pelatih Barcelona pada 2008 dan berhasil merebut 13 piala untuk klub Katalan ini.

Ia akan digantikan oleh asistennya, Tito Vilanova.

"Alasannya sederhana, empat tahun sudah cukup," kata Guardiola dalam jumpa pers di stadion Nou Camp.

"Saya lelah sekali dan perlu energi baru. Tuntutannya sangat tinggi dan seorang manajer harus kuat," kata Guardiola.

"Pada awal Desember lalu saya mengatakan kepada direktur (Barcelona) bahwa saya sudah hampir sampai tahap akhir di Barcelona," tambahnya.

Tito Vilanova

Sejumlah pemain hadir dalam jumpa pers itu termasuk Carles Puyol, Xavi Hernandez, dan Cesc Fabregas namun Lionel Messi tidak terlihat.

"Anda hanya dapat pulih kembali dengan beristirahat... Tidak baik bila terus berlanjut... Saatnya saya pergi," kata mantan manajer tim Barcelona B ini.

"Kami sudah tersingkir dari dua turnamen (Liga Spanyol dan Liga Champions) dan saatnya untuk mengumumkan ini. Saya tidak ingin menambah kebingungan."

Menyinggung soal calon penggantinya, Guardiola mengatakan, "Barca membuat keputusan hebat. Ia sangat mampu. Para pemain mengenalnya. Walaupun, saya tidak berada di sini lagi secara fisik, bila Tito perlu saya, saya akan tetap ada."

Guardiola menggantikan Fran Rijkaard pada musim pertandingan 2008-2009 dan piala yang direbut Barcelona selama masa kepemimpinannya termasuk Liga Champions, tiga Liga Spanyol, dua Piala Dunia antar klub, dan tiga Piala Super Spanyol.

Pengumumannya dilakukan setelah timnya kalah dari Chelsea dalam semifinal Liga Champions dan dari Real Madrid di Liga Spanyol.

Calon pengganti Guardiola, Tito Vilanova adalah rekannya saat di akademi La Masia.

Bos Real Madrid Jose Mourinho pernah mengarahkan jari-jarinya ke mata Vilanova saat terjadi perkelahian di Piala Super Spanyol Agustus lalu.
http://bola.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar