Featured Video

Rabu, 18 Juli 2012

Tiap Hari, 40 Ribu Serangan Cyber Bidik Indonesia



Suasana acara (tyo/inet)
Jakarta - Setiap tahun, serangan cyber ke Indonesia terus meningkat dengan berbagai varian berbeda. Tak pelak, Menkominfo Tifatul Sembiring dan Indonesia Security Incident Respont Team on Internet/ Cordinator Center (IdSIRTII/CC), mengimbau bagi para pengguna internet Tanah Air untuk waspada.

"Menurut data sampai dengan tahun 2011 lalu, sebanyak 3 juta serangan menyerang situs berdomain go.id saja. Dan ini bisa meningkat tiap harinya," terang Tifatul, saat membuka seminar 'Ketahanan Terhadap Serangan Cyber di Gedung BPPT, Jakarta, Selasa (17/7/2012).

Menteri menambahkan, peningkatan kewaspadaan terhadap keamanan di dunia cyber mutlak diperlukan pada saat ini. Karena tingginya penetrasi internet akan dibarengi dengan peningkatan volume ancaman itu sendiri.

"Dari ancaman tersebut bisa menjadi cybercrime atau cyberwar. Indonesia negara yang luas mustahil rasanya kalau diserang secara fisik. Nah, pengalihannya bisa melalui serangan cyber ini," tegas politisi asal Partai Keadilan Sejahtera itu.

Sementara itu ditambahkan oleh Ketua Id-SIRTII Rudi Lukmanto, serangan bisa terjadi dalam bentuk apa saja, termasuk malware. Jumlah malware yang 'gentayangan' di dunia cyber mencapai 5,5 miliar.

"Untuk Indonesia kita tidak punya data pastinya (jumlah malware yang beredar-red.). Namun yang jelas, setidaknya 40 ribu serangan cyber menyerbu Indonesia setiap harinya," tukasnya.

Adalah tugas Id-SIRTII menjadi garda terdepan dalam memonitoring semua serangan yang masuk ke Indonesia. Walau tetap dibutuhkan bantuan dari berbagai pihak.





detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar