Featured Video

Minggu, 14 Oktober 2012

Apple Setuju Lisensi Desain Jam Swiss



Desain jam di iOS 6 (kiri) dan desain SBB di jam Mondaine (kanan)
San Francisco - Dituding menyontek desain jam khas Swiss, Apple kabarnya kini setuju untuk membayar lisensi pada Schweizerische Bundesbahnen (SBB), operator layanan kereta api federal Swiss yang memiliki hak atas desain tersebut. 

"Kami sudah menghubungi Apple dan memberitahukan bahwa hak cipta desain jam ini milik kami," ujar juru bicara SBB sebelumnya. SBB kala itu menyebutkan akan mengupayakan kesepakatan damai dengan Apple. 

Namun SBB seperti dilansir Cnet dan dikutip detikINET, Sabtu (13/10/2012), tidak menjelaskan secara detail tentang kesepakatan tersebut. Disebutkan SBB, detail kesepakatan di antara keduanya bersifat rahasia. Sementara Apple belum memberikan komentar. 

Seperti diketahui, desain yang digunakan di semua stasiun kereta api Swiss ini ada dalam update iOS 6. Adalah Hans Hilfiker, yang menciptakan desain khas tersebut pada 1955. Desain sederhana ini lantas menjadi bagian dari ikon nasional Swiss dan dilisensi Mondaine, perusahaan jam tangan Swiss. 

Sebelumnya, Patricia Claivaz selaku juru bicara SBB telah mengatakan pihaknya tidak berniat meminta uang atas pelanggaran hak cipta yang dilakukan Apple. SBB malah merasa bangga desain mereka dicontek Apple. 

"Kami justru bangga mengetahui merek sebesar Apple menggunakan desain kami," ujarnya kala itu.


sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar