Featured Video

Rabu, 11 Juni 2014

Start Etape IV TdS Berlangsung Sukses


Grand Start Etave IV Tour De Singkarak (TDS) 2014 di Bukittingi berlangsung sukses dan meriah, Selasa (10/6). Ribuan pengunjung memadati lokasi Star untuk menyaksikan Iven lomba balap sepeda TDS yang dihelat satu kali dalam setahun tersebut.

Grand Star Etape IV yang dilakukan didepan Pelataran Jam Gadang  Bukittinggi dilepas secara langsung oleh walikota Bu­kittinggi Ismet Amziz yang didampingi oleh Wakil Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenkeraf) Sapta Nirwandar dan Wakil Gubenur Sumbar Muslim Kasim  pukul 10.30 Wib. Juga hadir dalam Grand Star tersebut Bupati Agam Indra Catri.
Etave IV yang diikuti sekitar 165 pembalab Nasional dan Mancananegara itu menempuh route sepanjang 181 KM dengan finis di Puncak Lawang Kabu­paten Agam. Sebelum pembalab dilepas di lokasi star, terlebih dahulu pembalab dihibur dengan atraksi musik tradisional oleh sanggar seni dalam bentuk komposisi musik perkusi minang dan gendang tansa.
Walikota Bukittinggi Ismet Amziz mengaku bangga dengan dipercayanya Bukittinggi sebagai tempat Star Etave IV. Meski pelaksanaan TDS tahun ini sedikit berbeda dengan pelaksa­naan tahun lalu, dimana tahun lalu Bukittinggi dipercaya sebagai tempat Grand Opening dan Gran Star I. Namun demi­kian Etave IV di Bukittinggi  tetap ber­langsung dengan meriah dan antusias warga juga ikut me­nyam­but pelaksanaan TDS di Kota Wisata ini.
Menurutnya, pelaksanaan TDS yang ke enam kalinya dilakukan disumbar ini, tidak saja sebagai ajang perlombaan olah raga balab sepeda, tetapi juga sebagai ajang sarana promosi wisata dan promosi potensi daerah. Apalagi kegiatan ini juga melibatkan awak media nasional dan inter­nasional yang nantinya akan ditayangkan dinegeranya masing masing.
Dengan kegiatan TDS ini, potensi dan wisata di Sumbar akan semangkin membahana dan dikenal oleh mancanegara. Khususnya Bukittinggi yang merupakan salah satu tujuan wisata disumbar yang selalu diminati oleh para pengunjung.
Dipercayanya Bukittinggi sebagai tempat star Etape VI ini, merupakan suatu peluang besar bagi Bukittinggi untuk mengem­bangkan potensi wisata dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan sekaligus mening­katkan ekonomi masyarakat selama pelaksanaan TDS ber­langsung.
Ismed juga mengucapkan terimakasihnya kepada semua pihak dan Stakeholder yang telah terlibat dalam mensukseskan pelaksanaa TDS Etave IV ini. Terutama sekali kepada warga Bukittinggi yang telah mendukung dan menyukseskan kegiatan ini, sehingga keamanan dan keter­tiban selama kegiatan berlangsung dapat terjaga dan berlangsung dengan sukses dan meriah.
Kapala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bukittinggi Melfi Abra juga menyampaikan rasa syukurnya terhadap pelaksanaan TDS Etave IV di Bukittinggi ini. Apalagi animo masyarakat cukup tinggi dalam mendukung, ini terlihat Ribuan masyarakat kota Bukittinggi ikut menyaksikan iven bergengsi ini.
“Masyarakat yang menyak­sikan tidak hanya ditempat lokasi star saja, namun juga disepanjang lintasan yang dilalui pembalab juga dipadati pengunjung dan masyarakat untuk menyak­sikannya. Kita berharap peleksa­naan TDS ditahun berikutnya dapat lebih meriah lagi, ujar Melfi.
Melfi menambahkan, untuk Etape IV ini finis dikabupaten Agam menempuh route sepanjang 181 KM. Sedangkan untuk rote dalam kota Bukittinggi sendiri hanya menempuh lintasan sepanjang 8 KM.
Adapun Route yang dilalui itu yakni, Jalan A.Yani/bawah jembatan limpapeh, Simpang Tembok, Jalan Veteran, Jirek, Luak Anyir, kantor Balaikota, Jalan Raya By Pass Gulai Bancah.
Kemudian, simpang Surau Gadang, Jalan Mandiangin (Campago Ipuah), Simpang Mandiangin, Jalan Soekarno Hatta, depan Masjid Baitul Jalal, Pasar Banto, Jalan Pemuda, Jalan Kesehatan, Jalan A. Rivai (Depan RSAM), Jalan Panorama, Simpang DPRD, Jalan Sudirman, dan Batas Kota. Dan Etape IV ini Finis di Puncak Lawang kabu­paten Agam. s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar