Featured Video

Rabu, 23 November 2011

Penari Jepang Latih Penari Padang


PADANG, Penari tradisional Jepang dari Sonoda Woman University, Hasuda Ai, berkesempatan melatih pelajar dan mahasiswa di Padang, Sumbar, saat pelatihan tari Jepang digelar Pusat Studi Jepang Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Bung Hatta (UBH).

Selain pelatihan, para peserta juga akan disuguhkan berbagai tari dan kesenian khas Jepang yang dibawakan oleh penari-penari dari Sakura Dance UBH, kata Pembina Sakura Dance UBH, Eduardus Agusli di Padang, Selasa.
Menurutnya, banyak hal positif yang dapat diambil dengan terselenggaranya pelatihan  dan pergelaran tari Jepang tersebut.
"Melalui kegiatan tersebut, kita bisa meniru rasa nasionalisme warga Jepang terhadap negaranya, misalnya dengan budaya kimono yang hingga kini masih dipertahankan dan dijunjung tinggi negara luar," katanya.
Kegiatan yang dilakukan pusat studi Jepang ini terbuka untuk siapa saja yang ingin mempelajari berbagai kebudayaan Jepang, seperti tari-tari Jepang.
Dikatakannya, pelatihan bersama Hasuda Ai dan Sakura Dancer itu akan berlangsung di beberapa daerah, seperti di Padangpanjang dan Bukittinggi hingga 23 November mendatang.
Sakura Dancer sendiri, katanya, baru berusia dua tahun pada Februari mendatang dengan anggota sekitar 100 orang lebih.
Ia mengatakan, kini Sakura Dancer membuka pendaftaran anggota baru bagi mahasiswa Universitas Bung Hatta yang ingin mempelajari tarian Jepang.
Pada kesempatan sama, Dekan Fakultas Ilmu Budaya UBH Padang, Dra.Puspawati berharap, ke depan kelompok tari Sakura Dancer dapat berkembang sekaligus mempromosikan Jurusan Sastra Asia Timur di Fakultas Ilmu Budaya UBH, terutama dengan tur-tur yang dilakukan sekarang ini.
Puspa juga berharap peran serta aktif masyarakat dalam acara-acara yang digelar Sakura Dancer nantinya.
Sementara itu, Hasuda Ai, mengaku kedatangannya ke Padang untuk kesekian kali karena dalam rangka dua tahun usia Sakura Dancer, kelompok tari yang juga dibinanya sekaligus promosi ke daerah-daerah.
Pelatihan di Kampus I UBH dibuka dan gratis yang digelar di Aula Balairung Caraka, dihadiri ratusan peserta dari kalangan mahasiswa dan pelajar.
Kegiatan itu kemudian akan berlanjut ke Kota Padangpanjang dan Bukittinggi pada Rabu (23/11), sebagai rangkaian tur dan promosi kelompok tari Sakura Dancer.KOMPAS.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar